Jumat, 17 September 2010

Kisahku Dibalik Gelar Jepang UI 2010 #Part 1




"Gimana nih gue belom tidur juga, bisa-bisa besok kesiangan" Pikir gue.


Sekarang udah jam 12 lebih, wah parah nih gara-gara keasikan nonton Indonesia Mencari Bakat gue jadi ga bisa tidur padahal besok kan ada acara yang harus kudu wajib didatengin buat orang yang suka Jepang, ga lain ga bukan acara Gelar Jepang 2010 tepatnya di Universitas Indonesia Depok. Berhubung IMB nya udah abis, dengkul gue udah sempoak yaudah gue ke kamar buat tidur, untungnya gue udah mempersiapkan barang-barang bawaan buat besok (baju cosplay Prince of Tennis). Di kamar dengan sukses gue tidur.

Mata masi sepet gue ngeraba samping bantal buat nyari hape, pas liat hape ternyata udah jam 5 pagi! Ya ampun cepet amat perasaan baru semenit nutup mata tau-tau udah pagi aja yaudah gue sholat dulu.

Air yang dingin memaksa gue buat mengambil wudhu dengan kecepatan cahaya dan sholat yang ngga sampe 7 menit. Nah abis sholat gue nelpon Nisha. Rencananya kita berdua mau kesana bareng, asik kan ngebayangin makan takoyaki suap-suapan dipinggir got FIB(Fakultas Ilmu Bahasa) kayak gembel lagi nyariin kecebong, kalo nggak ngeliatin bazar sambil ngiler bareng ngeliatin barang-barang jualan, huaaah pasti seneng deh rasanya.. maklum lah kita ini bagaikan kembaran yang lagi dimabuk genjer hwahahaha.


Selesai nelpon dia buat memastikan bisa apa nggak dengan begonya gue malah tidur lagi. Kalo liburan gue emang aslinya udah kayak kalong aja, aktif di malam hari pasif di siang hari dan akibatnya bangun-bangun udah jam setengah 8 sementara gue janji harus udah ada di halte busway jam setengah 9 ditambah lagi mata masih belekan, rambut yang kayak sarang burung garuda, perut pun kaga ada isinya. Kalo diitung itung gue makan sama mandi aja paling cepet satu jam, belom dandan sama lama perjalanan, wah telat parah.

Selesai mandi dan pas ngecek hape ada sms dari Nisha yang isinya gue disuruh nelpon balik, gue ga telepon soalnya gue masih make anduk. Ga lama kemudian tiba-tiba ada yang nelepon. Yang pertama gue ga angkat soalnya gue lagi make kancut, ga enak kan kalo gue nelpon setengah bugil gini ntar keliatan sama yang nelpon lagi. Nah yang kedua baru gue angkat. Yang nelpon Nisha tapi suaranya lemes banget. Gue tanya kenapa ternyata dia lagi nangis, gue udah bisa nebak apa yang terjadi.

"ngga boleh ya?" gue tanya.
"iya.." jawabnya pelan dengan napas tersengal.
"ya ampun pake nangis segala, kalo ga dibolehin yaudah gapapa."
"tapi pengen ketemuuu, yaudah kak tungguin saya ya."

Dan tiba-tiba…

"tuuut.." Teleponnya dimatiin.

Buset nih anak kayaknya mau kabur dari rumah. Panik, gue telpon lagi trus nyuruh buat jangan nyusul gue ke halte gila kan ntar gue bisa dikira bawa kabur anak orang, dan berhasil! Akhirnya dia janji buat ga nyusul, udah bisa tenang deh, tapi gara-gara dia ga dibolehin pergi, yah terulang lagi dah kayak setahun lalu gue kesana sendirian kayak anak kambing misah dari emaknya. Gue jadi
males buat pergi, bete dah pokoknya. Sekitar lima menit gue guling gulingan mikir mau pergi apa ngga, keputusannya? LANJUT! dari awal gue emang mau pergi kesana jadi harus bisa nepatin janji sama diri sendiri, masa cuma gara-gara pergi sendirian gak jadi sih? cemen itu namanya.


PERJALANAN TOLOL

Gue berangkat dari rumah jam 8.45. Ngga lupa buat pamit ke emak (anak berbakti).

"Mak aya mau jalan." Gue menyodorkan tangan buat mencium tangan.
"Mau kemana?"
"Jalan-jalan ke UI."

Emak gue ngeluarin uang ribuan."Oh, ada ongkos? Nih emak tambahin."

Wes gue mah ga minta uang, tapi kalo dikasih ya ga nolak juga lah kan lumayan buat nambah-nambahin beli ini itu.

"Nih ceban aja." Emak gue ngasi uangnya ke gue.

Gue kira gocap ternyata ceban gapapa deh rejeki mah disyukurin. Itu uang ribuan coklat bener udah kayak uang purba aja, ga kebayang bakteri apa aja yang ada di tuh duit Klebsiela, E. coli atau keluarganya yang laen hiii..

Naek C03 menuju Kembang Kerep, angkotnya kosong sih tapi jalannya kayak keong sekarat, lambatnya naujubilah. Abis itu naek metromini 92 ke pertigaan relasi, nah dari situ baru deh naik busway. Tujuan gue ke terminal Hair-Fruit Village.. Kampung Rambutaaan, gitu aja ga ngerti. Beda nih, tahun lalu gue naik kopaja 609 sampe Blok M trus naek kopaja 63 sampe ke halte UI tapi tuh rute panjang banget udah gitu panas sumpek dempet-dempetan. Buat tahun sekarang gue coba rute baru lewat Kampung Rambutan. Menurut rute busway yang gue tau, buat ke Kampung Rambutan itu harus turun di halte Grogol trus naek bus koridor 9, abis itu turun di UKI (bukan gitarisnya band peterporn tapi Univ. Kristen Indonesia) atau ngga di PGC Cililitan, nah abis itu naek bus koridor 7 sampe ke Kampung Rambutan. Ya, cukup membuat jidat gue kisut memang tapi gue nekat aja dah bodo amat nyasar tinggal nanya petugas ini.


Udah nyampe nih di halte Grogol tapi orang-orang yang keluar kok dikit yah? cuma 5 orang padahal tuh bus penuh. Gue bingung tapi biar bingung gue tetap memasang tampang cute.

"Turun gak ya.. turun gak ya.."

Insting gue mengatakan kalau gue harus turun sekarang, jadi yaudah deh gue keluar aja. Nah untungnya di haltenya ada petugas trasjakarta yang lagi ngobrol sama temennya, gue coba tanya aja deh daripada nanti malah sesat di hutan.

“Mas, dari sini bisa ke Pinang Ranti lewat sini nggak?”  Gue nanya yang ke Pinang Ranti soalnya kalau dari sini gue harus naik jurusan itu trus transit di UKI.
“Wah nggak dek.. bukan disini..” Kata petugasnya sambil nunjuk busway yang tadi gue naikin.
“Makasih ya Mas..”

Waduh salah turun dan sekarang gue punya tiga detik buat mikir mau naik lagi ke bus transjakarta yang tadi atau nungguin bus lain lewat. Gue mau naik tapi udah terlanjur malu sama penumpang yang lain sementara kalo gue nungguin bus berikutnya pasti bakalan lama. Ah gue naik  aja deh bodo amat malu malu dah… Pas gue naik gue langsung ditanyain sama petugas yang ada di dalem bis.

“Mau kemana Dek?” Tanya si petugas dengan nada nyolot.
“Kampung Rambutan kemana mas?”
“Nanti di Harmoni.” Si masnya ngejawab dengan singkat, padat namun tidak dapat dipercaya.
“Oh…” Gue ngangguk tapi dalem hati gue cuma bisa bilang gini “Ye si Abang.. gue juga tau kale transit berikutnya di Harmoni… tapi abis itu kemanaaaa?!”

Akhirnya sampai juga di Harmoni dan sekarang gue bingung… sayup-sayup ada yang bilang “Ayo katakan peta!” tapi gue kan ngga bawa peta, oh iya TARAAAA! Gue mengeluarkan buku itu lagi, buku yang sempat membuat gue malu gara-gara rute transit yang ngibul.. buku rute busway. Gue keluarin tuh buku dari dalam tas trus gue baca dan sekarang tujuan gue adalah Pulogadung. Untungnya penumpang yang naik jurusan Harmoni-Pulogadung lumayan sedikit, jadi gue bisa sekalian liat kiri-kanan jalan melihat indahnya kota.

Balai Kota, Gambir 2, Kwitang hingga akhirnya sampai di  halte Senen. Pas di halte Senen kok banyak penumpang yang keluar yak? Apa kalau mau ke Kampung Rambutan harus transit disini dulu? Yak gue bingung lagi.. mau keluar nanti takutnya bakalan kejadian lagi kayak di halte Grogol 2 tapi kalau gue nggak keluar entar gue malah dibawa ke Pulogadung beneran lagi..

“Senen, Kampung Melayu, Kampung Rambutan transit disini.” Petugasnya ngomong ke penumpang yang sebagian besar sudah keluar.

Gue turun, trus nanya lagi ke petugas.. gue bingung soalnya cabang jalanya banyak banget. Setelah dapet pengarahan dari petugas, katanya gue harus naek ke jembatan baru bisa naek bis yang ke Kampung Rambutan tapi harus transit lagi di Kampung Melayu. Huah ribet nian ni jalur... Setelah celingak celinguk ngga jelas dan hampir salah naik lagi (hampir naik yang ke UKI) akhirnya gue naik juga ke tujuan selanjutnya, Kampung Melayu.

Waaah buswaynya busway yang gandeng.. baru kali ini naik beginian (ndeso)
Tapi ngga lama sih, soalnya dari Senen ke Kampung Melayu jaraknya lumayan dekat. Akhirnya gue sampai di shelter terakhir Kampung Melayu dan tinggal sekali naik lagi sampai deh ke Kampung Rambutan.  Berhubung penuh jadi lumayan bikin ga bisa napas juga soalnya dari sini yang naik lumayan banyak, ada yang bawa barang malah . Gue berdiri dibagian belakang bis dengan bersandar pada sebuah pembatas kursi jadinya tiap ada yang keluar masuk lewat pintu belakang gue bisa tau.

Disepanjang perjalanan gue sangat menikmati pemandangan-pemandangan yang ada seperti kumpulan orang-orang yang berjualan di pinggir jalan, , maklum gue belum pernah ke daerah sini sebelumnya. Satu dua halte masih biasa-biasa aja, nggak ada hal yang bikin gue ngakak sampai ada bapak-bapak yang naik.

“Njuuuus…” (Suara busway berhenti di halte.)
“JEGREK!” (Suara pintu belakang busway yang terbuka otomatis.)

Yang masuk lebih dari satu orang nah yang terakhir masuk itu bapak-bapak. Otomatis tempat buat berpegangan tambah terbatas jadilah bapak-bapak tersebut nyempil di belakang pintu. Well saat itu sih biasa-biasa aja buat gue, tapi setelah sampai di halte berikutnya..

“Njusssss…”
“JEGREK!”

Alhasil bapak-bapak itu sempet kegencet…

Antara kasihan sama pengen ketawa sih, tapi gila kalo sampai gue ketawa bisa-bisa dipelototin ...


Bersambung~







2 komentar:

Udah baca tapi ga komen awas ya XP