Senin, 14 Juni 2010

Sesuatu Didalam Ember

Pernah punya kejadian yang ga bakal bisa lo lupain waktu masih SMP? Cuma nanya doang sih hehe.. Gue ada nih salah satu kenangan "manis" waktu SMP. Saking "manisnya" gue suka ketawa sepet sendiri kalo nginget-nginget tuh kejadian.

Kejadiannya pas gue sekolah di SMPN 134 kelas 2-3. Emang tuh kelas kumpulan orang-orang cacat, mulai dari anak yang tampangnya khas kayak Dito, Irna, Yukino trus anak yang kelakuannya subhanallah bejat bukan kepalang kayak Eko, Lukman, Viddy trus ada cewek yang bahenol montok kayak Syafrida sama Nindita. Pokoknya kelas 2-3 tuh udah kayak hutan heterogen deh ada ini itu macem-macem, yang paling penting gue salut buat bu Viensensia Ng. BA yang udah sabar ngedidik kami.



***

"Toreng toreng toreng.." Wah pergantian jam nih, masuk jam terakhir dan sekarang
pelajaran yang paling gue keselin kedua setelah fisika yaitu pelajaran matematika. Untung gurunya baek banget, bu Nurlatifah gitu loh. Anak-anak suka sama bu Nur soalnya kalau saatnya becanda dia pasti seru tapi saatnya serius ya dia serius banget ngajarnya.

Eh ternyata Bu Nur ga masuk! Uyeee spontan seluruh isi kelas menjadi berisik kayak ada kondangan, tapi suasana kondangan ga berlangsung lama soalnya ada guru yang dateng trus ngasih sesuatu. Ternyata ada barang kiriman dari guru piket, apalagi kalo bukan disuruh ngerjain soal. Tuh soal kalau nggak salah tentang mean, median, modus deh atau bikin grafik gitu tau deh gue lupa..
Lo pasti tau kelanjutannya gimana? bener banget, soal dari guru piket kaga digubris sama sekali! Paling yang ngerjain cuma anak cewek yang emang bener2 niat nyari nilai. Kalau gue? Gue ngerjain sih tapi itupun gue ngerjainnya dengan kecepatan yang sangat lambat laksana keong racun yang sedang melintas di jalan tol, ya iyalah gue ngerjainnya sambil ngobrol gitu hehe..

Walaupun gue ngobrol tapi gue ngerjain soal, nggak kayak teman kita yang satu ini si Boy. Dia malah jalan kesana kemari emang dasar mau ngeksis kali padahal udah tau tampang ancur abis jadilah ga ada satu cewekpun yang ngegubris.
Ya Allah tambah gaduh nih kelas gara2 bocah-bocah begajulan kayak Eko, Viddy, Dian Sumantri, Ridzqan, Lukman beraksi. Kelas jadi berisik banget udah bukan kayak kondangan lagi tapi kayak orang berebutan aer dari batu saktinya Ponari.

Ngeliat isi kelas yang udah amburadul wakil ketua kelas si Aldela yang kalo ngomong bibirnya rada monyong gitu mengambil tindakan tegas.

"WOY DIEM! KERJAIN SOALNYA!" Si Aldela tereak sambil berdiri monyong.

Wanjay anak2 langsung pada diem cing! Yang cowok langsung ngibrit balik ke bangkunya, yang cewek langsung diem dari ngerumpinya. Aldela emang top deh, ga sia-sia punya muka gahar kayak macan sirkus.
Suasana kini tenang setenang air comberan di empang. Sampai tiba-tiba Ridzqan atau yang lebih akrab dipanggil Napis (nama bapakya) minta izin buat ke wc.

"Dela Dela wc yak.." Si Napis jalan sambil megangin resleting.
"Iya.." Sambil manggut Aldela ngizinin.

Sepulangnya Napis dari perantauan tiba-tiba ia berteriak.

"Woy liat dah, di kamar mandi tuh.."
Sepik si bocah yang mukanya mirip banget sama Tukul Arwana.
"Apaan apaan?" Ada yang nyahutin.
"Ituuu.. ada yang ngambang di ember"

Sumpah ya tuh bocah tampangnya meyakinkan banget! Gue diem mikirin apaan coba ngambang di ember dan gue langsung kepikiran dengan yang namanya maap, tokay.
Eh bujubuneng anak-anak pada penasaran mulailah satu persatu pada keluar kelas. Aldela udah tereak-tereak lagi supaya jangan pada bergerombol tapi kali ini ga digubris termasuk gue yang dari tadi udah kebelet mau ngeliat. ya, gue ikut keluar kelas buat ngeliat.

Kira-kira bersepuluh kami menuju TKP sambil jalan setengah jongkok udah kayak maen ta jongkok, cuma bedanya kalo maen ta jongkok muka pemainnya gembira semua tapi kalo ini kok mukanya pada sumringah kayak mau ngeliat cewek lagi ganti baju, padahal yang mau diliat cuma tokay ngambang didalem ember ckck..

Cape juga ya jalan gini, tapi gapapa kan biar ga keliatan guru piket yang ada di lantai dua hahaha. Sampai ke TKP dan ternyata ember yang dijanjikan itu tidak ada! Sempat pula gue ngelongok ke dalem wc, kali aja ternyata tuh 'benda' ada disitu. Tapi apa? SI NAPIS NGIBUL! Anjir sialan tuh bocah..
Sambil nyengir onta dia dicemooh yang lain.

Dengan pikiran hampa kami balik ke kelas tak lupa sambil jalan setengah jongkok di koridor kelas.
Nyampe di dalem kelas ternyata si Dela bilang gini:

"Yang tadi keluar gue catet trus gue laporin ke guru piket"

Wanjir tau-tau nama gue masuk daftar! selain itu ada Boy, Cati, Eko, Viddy, Rizky Dani trus siapa lagi gue ga inget.
Si Dela tersenyum kejam sambil keluar kelas buat turun ngasih tuh kertas ke guru piket dan pas udah naek eh kita digiring ke guru piket udah kayak tersangka yang ada di polda dengan kasus pemerkosaan sapi aja.
Jujur gue takut banget, soalnya selama ini gue ga pernah terlibat satu kasus apapun di sekolah, giliran kena gini ya rasanya nyesek plus ketakutan.

Nyampe di meja piket ada Pak Hasan, Bu Mala, sama satu lagi siapa ya lupa.

"Ngapain keluar kelas?" Si pak Kumis guru olahraga ngomong.
"Itu tuh pak si Ridzqan" Kata si Lukman sambil nunjuk Napis.

Udah deh kami saling unduh-mengunduh eh tuduh-menuduh. Gue dari tadi diem sambil nunduk, secara ada bu Mala yang notabene adalah mantan wali kelas gue waktu kelas satu kemaren.

"Wah kamu bandel ya sekarang" Bu Mala ngeliatin gue.
"Nyari apaan dibawah? Nyari semut?" Pak Hasan nyindir gue soalnya daritadi gue nunduk cengo aja. "Yaudah mana tugasnya?" Kata Pak Hasan.

Tuh guru nagih udah kayak rentenir banget, bikin sekut gue aja, yaudah kami semua naek lagi ke kelas buat ngambil tugas yang tadi udah dikasih. Untungnya gue udah ngerjain walau belom selesai sih, tapi paling nggak kan udah ngerjain, nggak kayak anak-anak disebelah gue. Gue yakin banget kalo mereka belum ngerajin tugasnya.
Pas kami di kelas buat ngambil tugas eh kami disorakin udah kayak bintang video bokep yang ketauan aja. Ya ampun gue malu setengah idup, kenapa pula gue terpikat dengan bujuk rayuan napis tentang tokay ngambang itu..

Balik lagi ke meja piket. Tuh tugas bikin diagram diperiksa satu-satu. Alhamdulillah gue lolos dengan selamat sentosa tapi si Rizky/Dani lagi kena apes.

"Mana punya kamu?" (tugas loh ya, bukan "punya" dalam tanda kutip)
(ngebet-ngebet kertas buku) "Bentar dulu pak" Rizky panik

tik tok tik tok tik tok tueeng..
Lama banget ternyata ga ada tuh tulisan wakakak

"MANAAA? KAMU KALO GA NGERJAIN BILANG AJA GA NGERJAIN!" Udah mulai pedes tuh omongan Pak Hasan.
"Ngga tau Pak, tadi saya ngerjain Pak" Mukanya Rizky mulai merah.

Asal tau aja yah, Rizky tuh kalo panik pasti mukanya jadi merah mirip babi aer, untung aja kalo lama begitu ga jadi babi beneran bisa-bisa kan berabe nangkepnya.

"AH KAMU BOHONG AJA!"
"Beneran pak beneran, demi Allah pak saya udah ngerjain" Melas banget tampangnya Rizky.
"AH KAMU GAUSAH BAWA-BAWA NAMA TUHAN!" Pak Hasan udah mendidih fuuuuuuu.

Yang laen pada nahan ketawa, tapi abis itu pada diomelin juga sih.

"Yaudah semuanya disini aja sampe bel" Kata pak Hasan.
"Yah Paaak"
"Udah diem aja, tangannya taro di kuping trus kakinya angkat satu" Pak Hasan nyuruh sambil nulis-nulis ga jelas.

Kami semua nurutin kata-kata pak Hasan. Kurang lebih 30 menit kita kayak orang-orangan sawah yang nyasar di sekolah aduuuh malunya minta ampun.. sempet pula gue diledekin gara2 posisi gue persis kayak patung, ga gerak gitu.. kalo yang laen kan gerak-gerak entah cape atau hilang keseimbangan, tapi gue udah niat ga mau nurunin tangan sama kaki sampe bel pulang, ya gue harus menerima hukuman sepantasnya atas kebodohan yang telah gue lakuin.

Bel pulang dan setelah cium tangan sama guru piket "tersayang" kita balik ke kelas buat ngambil tas trus pulang.
Ah sial lu Napis, sekarang lu kayak gimana yak? Tambah ga waras apa udah balik ke jalan yang bener..


Ahh gue kangen masa SMP!


Fin~

1 komentar:

Udah baca tapi ga komen awas ya XP