Jumat, 28 Mei 2010

21 Jam yang Tak Terlupakan #2

Menyebalkan



"Man Man! tuh Alex," Ucap gue sambil nepuk-nepuk pundaknya ka Rahman.

Kami kelewatan kira-kira 30 meter dari posisi jongkoknya ka Sofyan. Kami berhenti dan gue langsung turun nyamperin dia, sementara ka Rahman tetep di motor kesayangannya.

Ka Sofyan nyamperin juga. Huaaah... akhirnya ketemu juga, sambil gue nyamperin dia yang juga lagi jalan ke arah gue, yang ada dipikiran gue adalah ka Sofyan dateng sambil ngucapin terima kasih buat gue sama ka Rahman yang udah ngebela-belain ngejemput dia.

"Assalamualaikum!" Gue lantas menyodorkan tangan buat bersalaman dengan ka Sofyan.
"Wa'alaikumsalam" Ka Sofyan ngejawab.
"Wah kabarnya gimana nih?" Tananya gue.

Yang gue harapkan ka Sofyan bilang makasih kek, apa kek, tapi pertanyaan gue aja ga dijawab terus dia malah langsung naek ke motornya ka Rahman tanpa menyisakan tempat buat gue yang masih berdiri di jalan dengan tampang bego kira-kira 5 detik mencerna semua yang baru saja terjadi.

AS*! Cuma itu yang bisa gue tereakin di hati gw, bukannya bilang makasi atau bilang apa gitu kek tapi dia malah nyuekin gue trus ga nyisain tempat duduk di jok motor nya ka Rahman! gue nyeletuk aja dengan nada becanda.

"Wah gue ga diajak pulang nih..."
"Hehe iya..." Sofyan pun ngasi tempat buat gue.

Sumpah dah gue kecewa banget, ah tapi gapapa deh gue kan kalo kesel cuma bentar doang, yaudah gue naek ke motor yang sekarang udah tambah sempit itu terus berangkat menuju Sekolah tercintah.

Gue kira perginya doang yang bete, ternyata perjalanan ke sekolah lebih bete lagi! Ka Sofyan alias Alex ngoceh mulu masyaoloh... ngebangga-banggain banget kayaknya dia bisa masuk UNPAD sana -,- trus pokoknya sok banget gitu... beberapa perkataannya yang bikin gue bete setengah mampus ngedengerinnya:

"Wah Jakarta kalo malem panas yah..." (TAU DEH YANG DI BANDUNG DINGIN)

"Lo sekarang kuliah dimana Man?" (padahal kayaknya dia tau kalo ka Rahman belom kuliah)

"Harusnya sih aku tadi dateng pagi, tapi gara2 kakak di bem mipa ngajak aku rapat jadinya baru bisa berangkat malem deh..."

"Tugasnya parah, masa bikin resume fisika dasar sampe bertumpuk-tupuk udah gitu ditulis tangan lagi..."



Beberapa percakapan antara gue sama Alex.

Gue: (takbiran)
Alex: "Eh iya, swable gimana besok kurbannya?"
Gue: "Alhamdulillah yah persiapan lancar, tapi kambing sm sapinya dikit, udah gitu kecil-kecil."
Alex: "Emang berapa?"
Gue: "Sapinya satu kambingnya tiga" (pas nyampe swable sapinya nambah jd 2, kambing jg nambah)
Alex: "Wah gimana sih angkatan loe, waktu angkatan kita ya Man, sapinya 3, trus kambingnya 3, udah gitu gede lagi."
Rahman: "Kambingnya 5" (lalu Ka Rahman terdiam)
Gw: ... (males nanggepin omongan Alex, udah tau sapi sama kambing dari sumbangan warga sekolah bukan dari angkatan)

ada juga yang laen...

Rahman: "Ni baliknya lewat mana nih? belok apa lurus?"

Gw pengen ngomong tapi alex motong.

Alex: "Lewat underpass aja biar ga kena lampu merah, emang ga tau jalan sini apah?"
Gue: "GA TAU!" (sebenernya gampang sih tinggal ikutin jalur busway aja)
Alex: "Yah Yan, disini aja ga tau apalagi kalo gue ajak ke Bandung"
Gue: ... (TAHIK LO!)

Masih ada lagi..

Alex: "Eh gimana sekre rohis?"
Gue: "Ya gitu, kotor banget, banyak debu sama sampahnya."
Alex: "Ah lo gimana sih, waktu dulu masi ada gw sekre rohis bersih mulu, gw yang bersihin kalo lagi kotor"
Rahman: (diem)
Gue: "Oh..." (rasanya gue pengen nyuruh ka Rahman berenti trus gue jorokin Alex ke jalan biar kelindes truk!)

Perjalanan balik entah kenapa kayaknya lebih cepet dari waktu berangkat. Gue pengen cepet-cepet turun soalnya sempit banget nih jok bikin sakit, untunglah kami dikit lagi nyampe ke sekolah tercintah.

27/11/09

Huaaaah Alhamdulillah yah nyampe juga, pengen sujud syukur rasanya tapi, ga bisa... gue turun sakit banget, jalan aja ngangkang kayak bapak-bapak turun bero apalagi kalo sampe sujud sukur segala... ga kuaaaat maaaak!!!

Oke deh gue langsung ngebalikin helm yang gue pinjem tadi sama pak satpam, abis itu gw ngibrit sambil ngangkang ke dalem masjid, mau tidur gueee gila udah jam setengah satu, besok gimana kalo kesiangan? anak-anak dateng sholat Idul Adha eh guenya masih ngelingker kan ga lucu. Gue liat ada sapi lagi dateng trus pak satpamnya malah manggil ka Rahman sama Alex udah deh bodo amat gue pengen tidur.

Gue nyamperin Dito sama ka Vickri, anjrot! enak-enakan mereka berdua tidur pules banget sementara gue yang dari tadi berangkat diterpa oleh banyak ujian apalagi pulangnya yang bikin enek setengah mampus. Gue tidur aja deh udah males mau ngapa-ngapain masih sakit ati gue sm Alex. Ps baru pengen tidur eh ka Rahman dan si penggemar Pasha yang tampangnya ancur itu (Alex) menghampiri ka Vickri dan Dito yang lagi tidur dan gue yang lagi siap-siap mau tidur.

"Wey bangun! jam segini tidur..." Alex bangunin Ka Vickry.

Parah banget, orang lagi enak-enak tidur dibangunin seenaknya dia.. yaudah jadinya ka Vickri bangun trus Dito juga sempet melek tuh tapi abis salaman sama Alex dia tidur lagi.
Gue jadi ga bisa tidur gara-gara suasana yang ga mendukung, abisnya si Alex masih ngobrol aja sama ka Vickri meski ka Vickri keliatan tampangnya menye banget abis bangun tidur. Gara-gara ga bisa tidur, jadinya gue ngeliatin aja tuh mereka ngobrol sambil guenya tiduran dengan tas yang penuh baju sebagai bantal, siapa tau aja kan ntar pules...

Alex: "Weh, gimana lu Vik di UNJ?"
Vickri: (tampang menye) "Ya gitulah..."
Alex: "Eh lu bikin baju ga?"
Vickri: "Baju apaan?"
Alex: "Baju itu, angkatan jurusan lo.."
Vickri: "Nggak"
Alex: "Yah gimana sih... beneran ga ada?"
Vickri: "Iya" (datar)
Alex: "Di unpad mah ada dong, di mipa fisikanya, gue bawa sih, besok deh gue pake"
Vickri: (manggut2)

Ada juga yang laen...

Alex: "Eh nih gue punya banyak kartu perpus nih" (ngeluarin segala kartu dari dompet)
Vickri: (diem sambil ngeliatin)
Alex: "Gue mah di unpad kartu perpusnya macem-macem trus ini buat bla bla bla... {gw lupa}"

Di dalam hati gue cuma bisa berkata:

"Sabar aja ya ka Vickry, akhirnya kau merasakan apa yang tadi kurasakan..."

Kurang lebih 10-15 menit ka Vickri ngeladenin si Alex sementara gue dan ka Rahman masih belum tidur.

"Duh lapar nih, nyari makan yuk..." Alex ngajak

Anak-anak sih ga ada yang respon jadinya Alex jalan ke luar sekolah buat nyari makan sendiri, entah kemana. Gue langsung bangun trus ngomongin Alex sambil menceritakan tadi sewaktu ngejemput dia ke ka Vickri, ujung-ujungnya sih kita ketawa.

"Emang tuh anak minta dicengin kali" Ka Vickry berulang kali nyebut-myebut tuh kalimat.

Puas ngomongin Alex kami pun sepakat tidur agar kalo tuh bocah dateng lagi ga ada diantara kita yang nemenin dia ngobrol atau ngelakuin sesuatu yang aneh-aneh. Gue pake deh jaket Soul Eater yang anget itu trus tidur di bantal (lebih pantas disebut tas) yang lumayan sakit gara-gara ada tempat pensil didalamnya.

Hape gue yang ada di dalam tas bergetar layaknya penyanyi dangdut Yessi Vibrator sebagai tanda alarm gue berfungsi dengan baik. Gue melek dan WHAT! posisi kepala gue ternyata bukan diatas tas lagi tapi di karpet latai, dan pas gue menoleh ke sebelah kanan ternyata... Ada Alex dengan make tas gue buat bantal tidurnya. Sialan...! Gue dorong kepalanya trus gue ambil hape yang ada di dalam tas gue buat matiin alarmnya, kiranya sih abis itu Alex pengen gue timpuk pake hape gue, tapi kesian ntar hape gue takutnya kenapa-kenapa kan jidatnya alex tebel dan gradakan kayak kulit badak.

Gue liat jam dan masih jam 4 kurang 15, gile kan gue emang paling pertama buat urusan bangun tidur kalo lagi nginep. Gue bangunin anak-anak soalnya ka Rahman mau pulang trus Alex numpang pulang juga sama dia. Gue langsung mandi di kamar mandi bawah tangga parahnya gue lupa bawa anduk, sabun, odol, sampo, dll haha bomat deh..

Mandi udah, abis itu gantian Dito yang mandi. Selesai semua mandi lalu kita siap-siap buat sholat subuh, ka Rahman sama ka Sofyan (Alex) udah raib dari pandangan dan tinggal ka Vickry yang sedang duduk termangu tidak jelas yaudah mulai aja deh sholatnya. Abis sholat ka Vickri pamitan pulang.

Perut udah mulai lapar lagi nih tapi ngga ada makanan yang ada cuma ya itu tuh telor gabus sama snack warna ijo makanan khas kondangan tapi gue inget kalo diusahain jangan makan dulu sampe abis sholat Idul Adha yaudah gue tahan aja tuh lapar. Ga lama kemudian akhirnya ada juga anak yang dateng, hayo siapa tebak? bukan Angri, bukan Fajri, tapi Edwin *beri tepuk tangan*

Capek gw takbiran untung ada Edwin yang gantiin, jadi gue cabut aja ganti kerjaan. Gue sekarang mindahin hijab abis itu nyapu lantai sementara Dito malah disuruh ngepel. untung bukan gue, soalnya soalnya gue gabisa yang namanya ngepel udah gitu dari semua kerjaan yg paling bikin capek hehe..

Guru pertama yang dateng? Bukan pak Juned atau pak Wahyu tapi ia adalah pak Darta, guru yang paling pertama dateng sambil ngajak anaknya, abis itu selang berapa lama baru tuh sang ketua panitia Angri dateng. Dia juga sibuk banget tuh, ngecek sana sini mondar madir bolak balik kayak setrikaan aja. Anak-anak udah mulai banyak yang dateng, guru juga udah banyak juga tapi mulai sholatnya aja lama banget, katanya sih jam 7 kan lama banget tuh kira-kira setengah jam lagi gila...

Akhirnya sekarang udah waktunya sholat, abis sholat ada khutbah dari pak Wahyu. Topiknya? ya ga jauh-jauh dari kambing dan sapi at least (halah) sebenernya gue ga terlalu dengerin khutbah jg sih, soalnya gw lagi dalam keadaan setengah sadar, kadang2 merem kadang2 melek.. Sholat Idul Adha udah kelar juga, dan sekarang masjid kayak kapal pecah.. anak2 sibuk tanda tangan gaje sambil ngumpulin tugas ringkasan khutbah tadi. Gue didempet-dempet kaga bisa lewaaat, (mungkin ini yang namanya karma ga dengerin khutbah kali ya..) pas keluar dari kerubungan gw lemes kyk orang abis nyangkul sawah 4 hektar. 30 detik gw ngambil napas lantas gw bangun menuju kawanan anak2 rohis yang lagi ngumpul dipojokan.
Hanya satu kata yang kini ada dibenak gw LAPAR! gw belom makan dari semalemnya, cuma ngandelin sisa cadangan makanan dari martabak Dito yang oke punya. (martabaknya ya, bukan Ditonya) Menurut sunah, sekarang udah saatnya buat makan, cz dari subuh sampe selesai sholat Ied disunahin jgn makan dulu. Dengan wajah mesem kelaperan gw nungguin makanan yang kali aja lewat...
Tiga menit, lima menit, sepuluh menit berlalu dan hwaaaa nyari aer minum aja susah minta ampun, ga ada yg bawa.. masa gw harus nyebur ke kolam bersama kura-kura hanya demi SETEGUK air untuk pelepas dahaga? OGAH! mending gw nungguin aja dah biarin.

Kalo boleh jujur sih sebenernya gue nungguin kejadian kayak tahun lalu dimana anak2 rohis diajak ke ruang guru buat makan bareng, pake sayur ketupat plus semur tahu-telor kan enak banget tuh tapi kok tahun ini gimanaaa gitu yak.. tumben guru2 gak ngajak2 makan dan ternyata emang di ruang guru ga ada makanan hopeless lagi dah gw.. parah juga ye tahun ini, kasian sekolah masih banyak yang belom bayar iuran PHBI termasuk gw salahsatunya haha..
Tiba-tiba..
"eh ayo nih yang ikhwannya pada makan..."
gw tau tuh suara trus gw nengok dan emang bener dugaan gw, Elam udah nyuruh makan, berarti ada makanan dong.. asik asik..
Kardus air minum di keluarin, ternyata isinya nasi bungkus, Alhamdulillah... Gw liat muka yang laen emang udah muka melas semua, muka orang kelaparan cing haha yaudah deh kita lalu menyerbu nasi bungkus yang jumlahnya sangat terbatas itu.

"eh satu berdua ya! Ikhwannya! Satu nasi berdua!" sahut si Elam.

Ka Rahman dateng trus pas dia ngajak salaman kita semua malah bubar haha.. kesian banget tuh anak.. Berhubung nasi bungkusnya limited edition jadi biar kebagian semua kita harus makan sebungkus berdua. Gw makan bareng Dito, Ka Vickry, sama Feri, istilahnya dua bungkus berempat haha.. enak juga ya makan bareng2 kayak gini, bisa menumbuhkan rasa persaudaraan antar anak2

Gapapa dah gw ga terlalu kenyang, yang penting semua kebagian. Pas gw lagi makan gw liat anak2 yang laen juga saling berbagi tapi pas gw nengok ke belakang... JRENG sebuah pemandangan yang membuat hati ini terbakar..! membuat hati ini panass..!
Apa yang gw liat adalah seseorang yang sedang makan nasi bungkus sendirian dan dia adalah... IMAM SUPANDI. Gw masih inget banget kejadian semalem dimana gw ditinggalin ampas es buah di ruang lobby, gw cuma bisa nyebut but but but sambil geleng2 kepala.

"weh makan sendirian aje.." gw berani nyeletukin si Imam.
"lapar.." (nyengir sambil ngelus-ngelus perutnya) Si Imam ngejawab.

Buseeet ada aja orang kayak gini, ah tapi gapapalah mungkin si Imam lebih lapar dari gue, lagian ngapain jg gue ngurusin orang yekan..
Alhamdulillah kelar juga makan, perutpun kini tak 'berkoar-koar' lagi. Sekarang saatnya buat ganti wardrobe. Tapi sebelum itu biasa lah narsis dihit hehe..

Gw ganti baju, trus ganti celana pendek sedengkul di sekre rohis, jangan lupa ajak temen yang laen takut2 ada akhwat nyelonong masuk kan malunya bisa bareng2 hehe.. Yap! Semua dandanan gue sekarang layaknya pengamen jalanan, dan gw siap ngebantuin ngurusin kambing sama sapi buat kurban.

Kira2 jam berapa ya gw lupa, tukang jagal udah dateng, sekarang saatnya yang dinantikanpun tiba.
Korban pertama si mas Kambing. Ada yang heboh gitu di depan, ada apa ya? Yak, ternyata ada, domba yang mau dipotong tapi anaknya ngikut hahaha.. anaknya ngira tuh domba emaknya kali, padahal sih itu ntah bapaknya, pamannya, kakeknya atau apalah...

Satu persatu kambing dan domba tumbang menyerah pada tajamnya pisau sang penjagal hewan kurban, dengan semangatnya gw ngebantuin ngegotong kambing yang udah mati syahid dari parkiran motor tempat motong ke samping menara masjid buat dikulitin. Anak2 juga semangat ngebantuin tapi kok kayaknya ada yang ga keliatan dari tadi ya... eh iya si Dito kemana?? ternyata eh ternyata Dito malah duduk2 aja didalem masjid. Alesannya? ternyata Dito ga tega liat kambing sama sapi dipotong wkakakak.. ^^v gw nyempetin ngehampirin dia buat nitipin hape sekalian ngajak buat ngebantuin. Ya ampun ngajakinnya susah banget, dibujuk ga mempan, sempet pula gue sama Ka Rahman nyeret Dito keluar masjid tapi ujung2nya dia lari masuk ke dalem masjid lagi yaudah deh gw tinggalin aja...

Kambingnya trus digantungin dengan posisi kaki diatas dan kepala dibawah dan mirip banget sama samsak tinju.. pas gw asik ngelawak tentang 'torpedo' tau2 pak Juned nongol trus ngeluarin golok, ANJRIT! goloknya gede banget! ngeri gw ngeliatnya.. Pak Juned sambil megang golok gede gimanaaa gitu.. takutnya rambut gw digorok pake tuh golok hahaha..
Tapi tuh golok ga jadi dipake, makenya pisau tapi tetep... pisaunya ukuran jumbooo.
Satu persatu kambing dan domba dikulitin trus dipotong. Bagian kulit, jeroan, daging semua dipisahin dan dimasukin ke tong plastik. Akhirnya Dito nongol juga tapi dia cuma bisa ngeliatin dari jauh karena masih takut. Tiba-tiba datanglah seorang anak manusia yang dengan bangganya memakai baju berwarna hijau bersablon MIPA FISIKA UNPAD, ya Alex dateng lagi.. oh nooo...

Sofyan atau yang lebih dikenal dengan Alex, seseorang yang gue ngga harapkan karena kejadian semalem. Dia dateng trus setelah ngomong sama Rahman dia lalu mengganti baju MIPA UNPAD dengan baju laen buat siap2 bantuin kita.
Semua kembali berjalan normal sampai gue dan Hilman ketawa ngedenger Elam ngomong.
Alex: "wih Elam" (salaman)
Elam: (salaman)

mereka mengobrol sebentar sampai sebuah kata yang terucap dari mulut Elam membuat gue dan Hilman ketawa.

Elam: "hmm.. Itu kayaknya celana yang dipake tahun kemaren ya?" (nunjuk celana alex)
Alex: (diem) "wah hahaha.." (ketawa tampang kusut)
Ryan: "parah parah hahaha" (ngakaak puas!)
Elam: "iya emang kan? ckckck.."
Hilman: "masih inget aja haha.."

kena dah tuh Alex, sampe2 dicengin Elam juga XDDD PUAS SAYA HAHA! >D

BERSAMBUNG

1 komentar:

Udah baca tapi ga komen awas ya XP