Rabu, 17 Maret 2010

21 Jam Yang Tak Terlupakan #1

26/11/09

Kami Anak Rohis


Selesai mandi lalu gue nyiapin baju, gue emang lagi punya rencana buat nginep di sekolah karena besoknya Idul Adha. Udah lama gue ga nginep di sekolah bareng temen-temen Ikhwan di Rohis jadinya gue semangat banget buat dateng. Semua udah siap, tema gw hitam-hitam, celana hitam, jaket hitam, baju hitam, muka hitam (eh salah itu mah Dito), tas hitam merah plus pin akatsuki yang matching sama tas. Abis buka puasa tadi gue udah makan yang banyak biar ga kelaparan malemnya di sekolah (biar ga keluar duit makan maksudnya hahaha) langsung deh berangkat ke sekolah dianterin sama babe tercinte (kembali lagi buat menekan ongkos biaya hehe) Gue berangkat ba'da Isya sesuai kesepakatan dengan Dito dan kak Rahman. Gema takbir menemani saat perjalanan ke sekolah, meski rata2-rata suara bocah yang gak ada merdu-merdunya alias fals banget sumpah, tapi gue salut, walau masih bocah bau kencur tapi mereka udah semangat buat menggelorakan Islam. Kira2 jam 8 malem gue nyampe di sekolah dan saat inilah 21 jam penuh kejadian kocak dan seru nan tak terlupakan itu dimulai.

Setapak demi setapak gue melangkah ke masjid sekolah. Dari luar sekolah gue liat ada anak-anak kelas X yaudah deh masuk aja dengan nggak lupa gue memasang muka tembok. Di dalem ternyata rame juga ya, oh iya gue baru inget, kayaknya sih mereka belum pulang karena tadi pada buka puasa bareng di sekolah. Pak Irfan nawarin makanan tapi gw ngga enak nerimanya karena tuh makanan adanya di zona akhwat.Setelah salaman satu-satu gue pun duduk gabung baca do'a. Ngga sengaja mata gue melihat ke pojokan, disana akhwat masih ada, wah-wah strong-strong banget ya tuh akhwat kelas X, jam segini masih ada aja di sekolah *tepuk tangan*.

Mana nih Dito sama ka Rahman katanya ba'da Isya tapi batang bibirnya belom nongol juga? Usut punya usut gue sms mereka dan ternyata haa pada ngaret! Kalo si Dito sih gue maklum, soalnya dia naek angkot trus katanya macet di Joglo tapi si Ka Rahman tuh yang bikin gue gondok, katanya ba'da Isya tapi pas gue sms eh dia bilang mau dateng jam setengah 9 atau nggak jam 9, mau nonton OVJ dulu katanya... Bah! Mana janji manismuuu!

Selesai do'a si Bicung (Bibir Mancung alias Hilman) bilang katanya ada ka Vickri juga baru dateng. Asik, bagus dah sekarang gue ada temen. Gue samperin deh tuh di lobby, dan apa? gue liat ekspresi ka Vickri kayak anak ilang, haha abisnya duduk sendiri di sofa gitu sambil bengong. Gue pun duduk trus ngobrol-ngobrol. Ternyata dia juga disuruh nginep sama ka Rahman! wah bagooos daaah tambah rame berarti tambah seru, itu pikiran gue. Pas lagi ngobrol di koridor sama ka Vickri eh ada si Hafiz (anak kelas X) dateng nawarin Pizza.


"Kak makan kak,"
"Haa iya iya udah kenyang."
"Halah pake malu-malu segala." kata si Apri temennya Hafiz
"Makan nih" kata Fajri si ketua Rohis.
"Iya iya ntar deh" kak Vikri jawab.

Di dalem hati si gue pengen banget banget bangeeet nyobain pengen ngerasain nyang namanya pizza (norak belom pernah makan pizza) tapi terlanjur udah ngomong nggak ya harus nggak, itulah lelaki (apacoba). Kak Vickri juga kayaknya pengen tuh, tapi gara-gara gue ga mau eh dia juga ikutan ga mau. Hemm gue tungguin aja sampe tuh anak-anak pergi deh, baru gw sikaaat, eh tapi tuh pizza udah ludes aja dimakanin sama mereka.. gile beneran ngga ditinggalin gue sama ka Vickry. Ngenes banget, dalem hati cuma bisa ngorek-ngorek tanah.

(Pelajaran 1: merendah diri perlu, tapi kadang jangan malu untuk tidak menolak.)

Gue lanjutin deh ngobrol sama ka Vickri tapi eh tuh anak-anak yang tadi makanin pizza tiba-tiba pergi ninggalin kotak bekas pizza gitu aja, disamping gue dan ka Vickri.. ngok banget gue ditinggalin ampasnya doang, buang ke tempat sampah kek! masa makannya doang yang doyan tapi ga mempertanggungjawabkan hasil perbuatannya. Yaudah gue sama ka Vickri pergi deh biar ga disangka kami yang berbuat kayak gitu.

Gue sekarang pergi ke sofa lagi, eh disana ada si Imam yang lagi minum es buah, gue ngobrol deh tuh bertiga.

Wah sapinya sama kambingnya dateng, tapi gue kaget tuh sapi sama kambing kecil banget ya kalo dibandingin sih bisa gue bilang itu SBG (Sapi Baru Gede) sama KBG (Kambing Baru Gede). Saking antengnya gue ngeliatin sapi sama kambing yang baru dateng gue lupa kalo lagi ngobrol sama ka Vickri dan Imam. Pas gue noleh ke mereka tiba-tiba ting tong tau-tau Imam yang tadi ada di samping gue sekarang udah ngilang! yang ada tinggal esnya doang yang aernya udah kering tinggal ampas buahnya doang.. buseet dah, tadi tempat pizza sekarang malah es buah, dasaaaar sinting sssh! gue sama kak Vickri cuma bisa geleng-geleng bak ngedugem ngedengerin lagu nasyid.

Gue ngelongok ke luar ada motor honda blade yang lagi parkir, wah Kak Rahman baru dateng jam 9 kurang 15 nih. Entah kenapa dan mengapa gue sama ka Vickri berinisiatif untuk ngumpet dibawah meja lobby, gara2 sakit ati kali, abisnya baru dateng jam segini. Gue ngumpet nyelip di kolong meja udah kayak maling aja, udah gitu gue liat kak Vickri tampangnya absurd banget, cengar cengir tanpa suara. Tiba-tiba suara langkah kaki pun terdengar

"Woy lo ngapain dah kayak orang aneh?"

Yaah, ketahuan juga... Dengan memasang muka goblok sambil nyengir gue keluar dari persembunyian. Gue ketawa aja sambil dicengin sama ka Rahman, abisnya gw sadar kalo kelakuan gue sama ka Vickri emang kayak orang blo'on. Udah lengkap nih, eh belom deng tinggal si bayangan (Dito) yang belom dateng. Gue bertiga ke dalem masjid nemenin anak-anak yang lagi takbiran.

Nggak kerasa takbiran bareng, anak kelas X udah banyak yang pulang, sekarang tinggal Angri, Hilman sama Fajri. Kira-kira jam setengah sepuluh lebih lima belas Fajri pamitan pulang, Bicung bibir mancung alias Hilman juga ikutan. Kalo si Angri sih belom, soalnya dia kan ketua panitianya, jadi harus mastiin semua hewan kurban lengkap sedia ditempat tepat waktunya. Gue yang lagi asik-asiknya takbir bareng Kak Rahman lalu Dito dateng! Hurray hurray lengkap deh kita kwartet F4 kayak di BBF *digetok martil* Belom lama Dito dateng eh si Angri pamitan pulang sambil masang muka datar kayak orang abis kecopetan di Metromini 92.

Kita berempat ngobrol ngobrol dan ngobrol, gw udah cape banget takbiran cuma berdua huaaa... Ngaso dikit eh si satpam sekolah dateng ngerecokin.

"Wah kok berenti?!"
"Iya Pak cape nih"
"Ah payah..." Kata si pak satpam yang tampangnya ngocolin banget.

Tuh satpam tau-tau ngambil mikrofon eh takbir, belom sampe lima menit tuh satpam udah berenti trus kabur balik ke pos satpam. Jeeeh... dasar tu satpam bisanya ngatain doang, sendirinya baru lima menit udah kaga betah.

Kak Rahman ribut lapar, eh iya, tadi kan Pak Irfan nawarin makanan tuh wah jangan-jangan sisa pizza berapa potong kan lumayan. Gue sama Ka Vickry udah ngelirik sudut-sudut masjid buat nyari tuh bungkusan, udah kayak kucing garong nyari ikan. Semua udah sepi, gw dan Ka Vickry lalu menyerbu makanan yang dibungkus plastik hitam itu.

TERORENG! Ternyata tidak seperti yang diharapkan, bukan beberapa potong pizza yang gw harapkan tapi malah telor gabus (makanan yang bentuknya mirip e'e kucing), kue bolu yang udah gepeng didalem plastik, dua air minum sama snack warna ijo yang ngeliatnya aja udah bikin gue ilfil. Tuh makanan khas kondangan banget.... Anak-anak sih pada nyerbu eh tapi gue nyeletuk.

"Eh iya Dito kan bawa martabak... Keluarin to..."

Entah apa yang ada dipikiran Dito saat itu, tapi dari raut wajahnya yang hitam merona ia hanya tersenyum lebaaaar, berarti gapapa nih hehe.. Kami lalu makan martabaknya Dito, wah ternyata paketan, ada martabak kacang ada martabak telor juga, sikaaaaat bleh!

Perut udah kenyang yekan, saatnya tiduur. Lampu gue matiin soalnya gue ngga biasa kalo tidur lampunya nyala, kalo nyala pasti ga bakalan pules.






Namanya Alex


Jujur gue belom ngantuk, yang laen juga keliatan belom ngantuk kecuali si Dito. Mumpung lagi nginep yekan? ngapain gitu kek. Kak Rahman ngajakin ke tempat warnetnya, tapi apa daya hal tersebut urung dilakukan gara-gara motor cuma ada satu tapi orangnya ada empat, mau ditaro dimana coba... di bemper? diseret guling-guling? Kan ga mungkin... Tapi gara-gara ga ada kerjaan itu ya ujung-ujungnya ngobrol lagi. Pas gue lagi ngobrol sambil dengerin musik dari hape tiba-tiba musik di hape gue berhenti lalu hape gue berdering.

"Sofyan Eko"

Wah kok ka Sof nelpon? Mau ngapain nih? Gila kan jam segini (10.27) tiba-tiba nelpon. Gue pun lalu memberi tau anak-anak.

Gue: "Wey Alex nelpon nih."
Vickry: "Angkat-angkat"

Gue mengangkat lalu menekan menu loudspeaker dari hape nokia 3110c yang cat keypadnya udah mulai hilang itu.

Sofyan: "halo Yan? Ni gue Sofyan, halo?"
Rahman & Vickry: "Udah tauuu!"
Sofyan: "Eh jemput gue dong, gue lagi di halte busway Pondok Indah 1 nih."
Rahman: "Weh, gila aje lu... Gw ga bawa STNK"

Spontan gw yang denger juga kaget lah, gimana nggak tuh orang masa tau2 minta dijemput di Pondok Indah jam segini???

Sofyan: "Ayu lah, emang ada yang bawa motor ga?"

"tuuuuut...."

Belom sempet ngomong lagi eh teleponnya keputus.

Gue: "Gimana tuh? Jemput ngga?"
Rahman: "Halah ga usah, Alex ini sih, lagian kita kan ga tau jalan kan?, eh ini STNK, ternyata gue bawa deh hahaha.."

Sumpah, gue sebenernya kesian sama Alex, malem-malem gini sendirian di pinggir jalan nyari angkot tapi ga ada, yaiyalah jam segini coba! Transjakarta aja udah pada markir di pangkalan kali. Gue ngga bisa ngebayangin kalo posisi gue kayak Alex, ujung-ujungnya bisa tidur di emperan jalan, cuma temen2 gw yang bisa gue andelin saat ini.

Alek SMS:

Woi rahman jemput gw lah. Parah bgt luh, ga ad angkot ini, Masa gw jalan mpe swable Mati gw. Jemput gw lah

Gue kasih tau tuh sms tapi anak-anak rada cuek, gue suruh ka Vickri yang bales buat nanyain posisinya biar lebih mastiin lagi.

Kebingungaaan! itulah yang saat ini dibenak kami berempat, motor cuma satu tapi pada ga tau jalan semua, yang pasti harus ada yang jemput lah, paling nggak dua orang tapi takutnya kalo dua orang + Alex = ditilang polisi. Kami berunding siapa yang harus menjemput Alex tentunya orang yang menjemput harus pas, berikut deskripsi keahlian dari kami berempat:

Kak Rahman: Naek motor lancar, tapi buta arah sama sekali di daerah Pondok Indah.
Ka Vickri: Lumayan bisa naek motor (tapi gw ga mau dibonceng, meragukan), lumayan tau jalan juga.
Dito: Bisa naek motor, soal arah jangan tanya padanya, laga doang tau jalan tapi ujung-ujungnya pasti nyasar.
Ryan: Ga bisa naek motor sama sekali gara-gara ga pernah belajar, tau daerah Pondok Indah tapi ragu pada pengetahuannya dan ga percaya diri.

Setelah beberapa kali sms-an dan berunding bareng akhirnya jadi juga tuh jemput si Alex. Yang jemput kak Rahman sama gue, kak Rahman naek motor, gw jadi navigator.

Sebelum berangkat gue minjem helm dulu ke pak satpam ngocol yang lagi nongkrong di pos sama temennya. 5 menit yang gue butuhkan buat minjem tuh helm (lama gara-gara gue malu mau minjem tuh helm) abis itu gw minta do'a dari Dito sama Ka Vickry supaya gue bisa lancar sampe Pondok Indah sana trus ngga kena masalah apa-apa. Gue takut banget soalnya, keluar malem gini trus sama orang yang ga tau jalan plus keahlian mengendarai sepeda motor yang sangat gue ragukan.

Udah hampir jam 11 dan gue pikir jalan udah sepi kayak eh ternyata masih banyak yang berlalu-lalang dijalan. Alhamdulillah yah, khawatir gue jadi berkurang, kalo sepi kan takut lah, tau-tau ada yang ngikutin dari belakang terus nyegat kita berdua dijalan trus dirampok, ditodong wah amit-amit jangan sampe deh. Daerah selatan gue cuma tau sampe Permata Hijau doang, kesananya lagi gue buta arah... paling cuma mengandalkan ingatan fotografis waktu gue sama temen-temen nasyid ke Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah buat lomba nasyid yang ngebantu gue, trus sama jalur bus TransJakarta, kalo ngga ada itu semua... bye bye deh Alex, gue sama Ka Rahman ga bakal ngambil resiko buat ngejemput situ.

Ya ampun si Ka Rahman biarpun bisa naek motor tetep aja bikin gue takut! Sempet jantung gue dag dig dug nyes nyes gara-gara ngelewatin jalan yang lagi macet naujubile lewat pinggiran jalan yang sempit banget, sempet pula dia pake kehilangan kendali segala, ampir nyerempet mobilnya orang kaya lah, masuk jalan yg ada lobangnya lah huaa bener-bener bikin panik. Gue yang dari berangkat cuma bisa takbir gara-gara itu gue jadi kagetan trus takbirnya jadi kenceng banget. Bodo amat dah diliatin mbak-mbak yang lagi dibonceng sama abang-abang gue tetep ngelanjutin takbiran.

Tiap ada perempatan jalan dan cabang jalan pasti Ka Rahman nanya "lewat mana nih?" gue suruh aja lewat jalan yang ada jalur busway nya aja, kan si Alex nungguinya di halte Pondok Indah 1 tuh. Tiap ngelewatin halte busway gue merhatiin nama haltenya, haduh malem-malem gelap gini udah gitu mata gue minus, dan kacamata gue ilang waktu jalan2 ke Jogja kelas XI kemaren dan sampe gue nulis note ini gue belom beli kacamata lagi. huhuhu i miss my eye glasses... (lebay) Gue harus mengkerutkan jidat ala Squidward biar tuh tulisan nama halte keliatan jelas. Halte Pondok Indah 2 udah dilewatin nah berarti Pondok Indah 1 didepannya nih, kalo nggak kelewatan ya berarti dibelakangnya. Lanjut aja deh ke depan tapi kok lama banget ga keliatan tuh halte Pondok Indah 1 wah tetap semangat deh demi menolong anak hilang yang tersesat, Allahu Akbar!

"Nah tuh dia haltenya!" Gue bilang ke Ka Rahman.

Tapi muter baliknya dimana? huaa bingung soalnya jalannya satu arah, udah gitu padat merayap layaknya orang yang antri masuk Dufan diwaktu liburan. Yaudah deh bablasin maning nyari puteran, gue minta ke ka Rahman buat berenti dulu ngaso (baca: istirahat) abisnye cape banget! biar duduk juga tetep aja kram nih pantat pengen diajak berdiri. Kami berenti di samping jembatan penyebrangan dan gw inget bener tuh jembatan waktu perjalanan gue sama anak-anak An Nazwa ke UIN dulu. Gw sama ka Rahman masih belom tenang gara-gara bingung nyari puteran jalan. Gue sms Alex kalo kami udah nyampe tapi lagi bingung nyari puteran, dia sms nyuruh cepetan trus ngasih tau kalo dia lagi nungguin di deket metromini mangkal. (Alex emang bawel)

"Yaudah deh Man, jalan aja terus ikutin nih jalan, siapa tau disono ada puteran" Gue ngambil resiko deh meski ga tau jalan disono.
"Iya, tapi gw ga tau jalan nih."

Keliatannya ka Rahman bingung, tapi akhirnya dia mutusin buat ngelanjutin juga.

Lanjut deh naek motor lagi buat nyari puteran balik dan siap menggorok Alex kalo ketemu ntar. Ditengah jalan sesuatu yang gue khawatirin dari tadi di jalan akhirnya kejadian juga, ka Rahman bilang kalo BENSIN AMPIR ABIS! wah harus nyari pom bensin nih. Sementara jarum di meteran bensin udah di garis merah, gw cuma bisa berdo'a di dalem hati "Ya Allah jangan sampe kehabisan bensin kek,," dan JRENGGGG ada SPBU tapi bukan Pertamina melainkan SPBU Shell. Ka Rahman ke sana dah tuh, dipikiran gue sih kayaknya bakalan mahal nih bensinnya, abisnya bukan dari Pertamina sih. Eh emang bener ternyata, setelah Ka Rahman ngomong sama mas-mas nyang jagain eh ga jadi ngisi yaudah lanjutin nyari SPBU Pertamina aja deh, wah jadi ngeri lagi kan gue takut bensinya abis ditengah perjalanan.

Emang dasar Allah tuh maha pendengar sama maha pengabul do'a, ada pom bensin yang warna catnya merah-merah euy. Pas ka Rahman mau masuk ke pom, kayaknya ka Rahman ga liat belakang dulu dan tiba2 ada mikrolet yang jalan kenceeeng banget sambil bunyiin klakson.

"Teeeeeeeet!!!"
"WOY ATI-ATI LUH!" tuh sopir mikrolet ngomel.

Gue kaget lagi, wah bener-bener deh parah. Udah berapa kali gue kaget kayaknya udah ga keitung dari pas awal perjalanan, kejadian mengagetkan yang serasa bikin separuh jiwaku telah pergi..
Bensin udah penuuuuh lanjutin lagi deh ngikutin jalur busway buat nemuin si Alex.


Nggak kerasa ternyata kami udah ada di sisi jalan yang satu lagi, syukur deh yang penting kata nyasar udah ga ada di pikiran lagi.

Ka Sofyan, ka Sofyan dan ka Sofyan, cuma itu yang ada di pikiran gue, gue udah ga sabar pengen ketemu sama dia, udah kangen sama alumni Rohis yang satu ini, karena cuma tinggal dia yang belom gue liat setelah jadi anak dengan berjulukan "mahasiswa" itu, gue pengen liat setelah jadi anak UNPAD gimana yekan... Kalo dulu kan kesian tuh kerjaannya cuma dicengin sama yang laen gara-gara tingkahnya yang malu-maluin alias minta dicengin ya kali aja sekarang udah bikin gue bangga jadi ade kelas yang satu ekskul sama dia.

Itu dia halte Pondok Indah 1, gue liat dipinggir jalan ada metromini yang masih mangkal nungguin sewa, yaudah deh gw liatin aja siapa tau ketemu sama tuh mahluk.

Ka Rahman emang sedeng! haltenya udah didepan mata tapi naek motor tetep aja napsu banget ngegas, pelan-pelan kek kan lagi nyari orang nih. Bener aja, pas ka Rahman tetep ngegas motor honda blade bercat hitam merah itu gue liat di sisi jalan ada orang yang mirip banget sama ka Sofyan, atasan hitam dengan kacamata dan muka yang khas, khas jeleknya. Posisinya ga enak banget, lagi jongkok di pinggiran trotoar sambil memandang ke depan dengan memasang muka melas persis banget kayak orang negro lagi boker di rumput...


Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Udah baca tapi ga komen awas ya XP